Kamis, 19 Juni 2014

APA ITU KUTIPAN?



Kutipan merupakan pinjaman kalimat atau pendapat seseorang dari seorang pengarang atau seseorang yang sangat terkenal, baik terdapat dalam buku, surat kabar, majalah, atau media elektronika. Biasanya kutipan digunakan untuk, mengemukakan definisi atau pengertian istilah atau konsep tertentu, menguraikan suatu rumus atau formula dan mengemukakan pendirian atau pendapat seseorang.

Di dalam kutipan terdapat dua jenis dalam mengutip, diantaranya adalah kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Kutipan Langsung
Kutipan langsung merupakan mengutip sesuai dengan sumber aslinya, artinya kalimat-kalimat tidak ada yang diubah.

Contoh kutipan langsung :

  • Pancasila sama sekali bukan sekedar semboyan unttuk dikumandangkan, pancasila bukan dasar falsafah negara yang sekedar dikeramatkan dalam naskah UUD, melainkan pancasila harus diamalkan (Setiardja, 1994: 5).
  • Menurut Setiardja dalam bukunya Pancasila Dalam Kajian Sejarah Bangsa indonesia (1994:5), Pancasila sama sekali bukan sekedar semboyan unttuk dikumandangkan, pancasila bukan dasar falsafah negara yang sekedar dikeramatkan dalam naskah UUD, melainkan pancasila harus diamalkan.

Kutipan Tidak Langsung
Kutipan tidak langsung merupakan kutipan yang mengutip dengan cara meringkas kalimat dari sumber aslinya, namun tidak menghilangkan gagasan asli dari sumber tersebut.

Contoh kutipan tidak langsung :

  • Seperti dikatakan oleh Setiardja (1994: 5) bahwa pancasila merupakan semboyan kita maka harus di jalankan atau diamalkan jangan hanya di simpan dalam naskah UUD. 
  • pancasila merupakan semboyan kita maka harus di jalankan atau diamalkan jangan hanya di simpan dalam naskah UUD (Setiardja, 1994: 5).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar